Selasa, 05 Juli 2016

Diari Jomblo Ngenes Spesial Lebaran 2016

Minal Aidin Wal Faizin... Mohon Maaf Lahir dan Batin...
Wah nggak kerasa ya saudara saudara sejomblo setanah air...
Bulan Ramadhan tahun ini sudah berlalu begitu saja, tapi kaya baru putus dari pacar. Yang namanya meninggalkan bulan penuh berkah seperti Ramadhan itu emang susah move on yak :v 

Apa yang susah dilupakan dari Ramadhan?
Takjil? Bukber? Petasan? Tarawih?
Itu cuma sebagian kecil dari penyebab penyebab kita susah move on dari yang namanya Ramadhan....


Sudahlah jangan berlarut larut...
Silaturrahmi dulu... siapa tau habis silaturrahmi bisa dapet THR :v

Sayang, Ramadhan kali ini THR udah mampet seiring dengan kadar pubertas genderang induksi SMA (GERINDrA). Kalo dulu sih sebelum lebaran juga udah pasang target "Lebaran tahun ini mau beli apa". Sekarang targetnya cuma satu, "Bisa nggak gue bertahan hidup tanpa THR?".

Entah kenapa para produsen dan distributor THR memandang konsumennya hanya dari usia dan status. Kadang mereka tidak memperhatikan kita yang memang terilah kuat dari luar tapi terluka parah dari dalam. Kalo diperjelas para produsen dan distributor cuma mau ngasi ke yang masih imut imut, bukan yang amit amit. Jadi jika kamu masih merasa dirimu imut... manfaatkan, selagi imut itu belum dilarang.

Gue biasanya dapet sekarung THR kalo lagi mudik ke kampung halaman. Walaupun nggak banyak yang gue kenal, saking ramahnya, mereka nggak segan segan ngasi duit mulai dari yang recehan ampe ribuan. Ngasinya dikit, tapi lama lama jadi bukit.

Beda kalo lebaran di tanah kelahiran. Di sini mungkin THRnya nggak sebanyak yang di kampung halaman, tapi acara silaturrahminya besar besaran. Tiap lebaran, bisanya satu keluarga besar "kuadrat" datang berbondong bondong dan memenuhi rumah. Bahkan banyak saudara yang nggak gue kenal, saking banyaknya dan asingnya wajah wajah mereka semua. Sumpek iya, dari pagi sampe sore itu tamu nggak abis abis, malamnya tante tante dan om om ngerumpi berlapis lapis. Lebaran di tanah kelahiran emang udah kaya wafer crackers...

Buat tahun ini, gue bakal menghabiskan 25% masa lebaran di tanah kelahiran dan 70% masa lebaran di kampung halaman. Sisanya 5% bakal gue habiskan di perjalanan mudik gue nanti. Tahun ini gue lebaran di tanah kelahiran dulu 1 setengah hari, kemudian mudik di sisa harinya...

Terdengar maksa, namun yang namanya keputusan orangtua udah nggak bisa diganggu gugat. Gue ngerti perasaan Bokap saat harus merantau jauh penuh lika liku meninggalkan kedua Ortu. Gue juga ngerti perasaan Nyokap saat satu satunya orangtuanya sekarang adalah mertuanya. Tapi kalian ngerti nggak perasaan anak yang tidak ingin menyusahkan kalian dari segi finansial ini.

Tahun ini bakal banyak pengeluaran, ya namanya juga baru masuk SMA. Harus bayar ini, bayar itu... tapi tetep aja maksa pengen mudik. Padahal kan mudik nggak murah. Apalagi sampe disana maen bagi bagi THR aja ke bocah bocah. Anaknya aja masih belum beres bayar uang pembangunan. Gue nggak tau lebaran ini Bokap Nyokap dapet THR berapa dari BossMan. Gue juga nggak tau Nyokap bisa dapet izin cuti darimana, sampe offside gitu liburannya. 

Tapi biar bagaimanapun tujuannnya tetep baik, pengen silaturahmi. Segala perbuatan baik dari orangtua harus disupport dong ama anaknya. Walaupun kadang anak butuh pengorbanan besar atas semua keikhlasan itu....

Gini gini kita juga tetep punya banyak salah ama beliau. Udah berapa kali kalian buat nada bicara mereka meninggi seperti tangga nada? Mereka marah, kesal, kadang jengkel ama kita. Kita juga kadang sama. Tapi semua marah, kesal dan kejengkelan mereka gue yakin punya tujuan tersendiri...

Jadi lebaran ini udah tau mau silaturrahmi ama siapa dulu?
Orangtua?
Grandpa or Grandma?
Keluarga yang resek penuh cerita?
Sahabat yang penuh dosa?
Mantan yang penuh derita?
Atau gebetan yang nggak pernah peka?

Inget Guys, mohon maaf lahir dan batinnya jangan cuma diucapkan di sosmed ya. Silaturrahmi langsung itu lebih #WhatZeek :)



Jangan lupa baca juga : Muda Mudik 2016
------------------------------------------------
Moh. Taufiqurrahman - Blog2016
Instagram : masopu_
Twitter : @masopu_
Line ID : masopu_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Coment yg baek ya, jangan SARA, jangan Promosi :'v