Sabtu, 02 Juli 2016

Muda Mudik 2016

Whattzaap MasMblo dan MbakMblo yang lagi terjebak macet di Cipularang. Lagi instirahat di Pantura mungkin? Atau pesawatnya di delay di Soekarno Hatta? Yaudah yang mabok laut di pelabuhan Merak yang sabar ya, bentar lagi kapalnya nyampe kok, makanya kalo naik kapal itu cari yang jalannya nggak sambil nge-driff udah kaya di fast and furious (ombak kiri kanan maen banting setir aja, mana kapal juga nggak punya spion, kalo dirazia bisa kena tilang :v



Gimana trip mudiknya? Seru?
Jangan kapok loh mudik lagi tahun depan.
Haha gue juga sebenernya mudik tahun ini, cuman gue mudiknya pas H+ jadi gampang, bisa terus jalan tanpa ketemu macet yang berarti. 

Udah berapa kali sih elo mudik seumur hidup lo?
Emang kalian ngitung? Gue aja enggak, dan jumlah trip mudik gue bakal bertambah seiring perkembangan jaman yang makin maju.

Makin banyaknya trip mudik yang gue lalui tiap tahunnya, buat pengalaman gue mengenai dunia per-mudikan makin full off memories. Dari yang asik sampe yang bikin gue pengen cepet cepet pulang itu banyak banget. Tahun ini, dari pengalaman pengalaman mudik tahun lalu gue pengen share sedikit mengenai beberapa tips yang biasanya gue terapkan di hampir setiap perjalanan mudik gue.


Gue kehabisan properti, itu kacamata rusak makanya
kacanya lain sebelah. Sengaja buat menyembunyikan
MATA SARINGAN 

Tips itu gue sebut "MUDIK 3N - Mudik NguAsik, NguAman, NguAntep"
Singkatan yang terdengar maksa namun tetap berkelas bukan?

Langsung saja... Tips yang pertama...

1. Menikmati Perjalanan 

Kita harus menikmati perjalanan, jangan perjalanan yang menikmati kita. Usahakan kalo mudik jangan terburu buru, justru selain ketemu sama saudara di kampung halaman sensasi mudik juga terletak pada perjalanan yang kita tempuh untuk ke tempat tujuannya. Apa afdol kalo mudik nggak pake macet? Kalo bisa, macet jangan dibawa strees, santai aja. Mending mana, macet tapi sampai daripada ngebut dijalan tapi nggak sampai sampai? Sayangi nyawa bro macet itu lebih kecil kemungkinannya buat terjadi kecelakaan daripada pas jalan, hayooo sadar nggak?

Oiya, sepanjang perjalanan juga kalo ketemu spot spot selfie menarik yang instagramable juga boleh tu singgah sebentar dulu. Atau mau cari kuliner kuliner menarik sepanjang perjalanan juga bisa, nggak perlu direstoran. Sekali kali foto makanan produksi kaki lima dong, jangan upload foto makanan restoran mulu. Makanan kaki lima juga enak kok, murah lagi :v

2. Jangan Fokus Ama Gadget Mulu

Fokus tu ama silaturahminya, bukan ama gadget. Silaturahmi langsung itu lebih #WhatZeek loh daripada silaturrahmi online. Kalo dalam perjalanan juga jangan main gadget mulu yak, apalagi kalo naik mobil. Pengalaman gue, kalo kelamaan atau nggak kuat main gadget pas mudik pake mobil, kepala gue pasti langsung keliyengan, nggak enak gitu pengen muntah. Seperti yang gue bilang, nikmati perjalanan. 

Lagipula di kampung Grandma ama Grandpa gue juga nggak ada yang namanya sinyal internet. Kalo mau update status harus nyuri nyuri sinyal dulu, sinyalnya mau di PDKT in dulu baru mau pacaran, emang sinyal ama DOi nggak ada bedanya :v

3. Kalo Bosen Jangan Segan Segan Cari Kerjaan

Kadang bosen juga jadi salah satu halangan gue buat berlama lama di kampung halaman. Kalo udah gini pengen cepet cepet pulang aja. Biasanya kalo bosen, gue keliling liling kampung, cari bakso atau ke minimarket terdekat. Iya bro, kalo di kampung yang namanya Alfamart atau Indomart udah kaya Mall Desa, tiap hari aja gue kesana, belaga mau borong ehh taunya cuma numpang refreshing pake AC :v

Ehh tapi kalo lo pinter ngomong ama Bokap Nyokap, atau bahkan deket ama beliau. Lo juga bisa ajak mereka jalan jalan kok. Tapi sayang nggak semua parents kaya gitu, termasuk Bokap Nyokap gue :v

4. Jadikan Mudik Sebagai Sarana Untuk Mencari Hal Hal yang Baru

Sambil menyelam minium air, kalo mudik jangan lupa bawa air *ehh. Maksud gue kalo mudik jangan segan segan buat cari pengalaman pengalaman baru sepanjang perjalanan. Kita bebas berexplorasi, itulah mengapa tuhan menciptakan anak muda. Asal explorasinya yang baik ya, ntar kalo keasikan lu nggak bisa bedain explorasi ama pil extasi... nauzubillah...

5. Jangan Lupakan Keperluan dan Keselamatan

Kalo mudik  jangan lupa barang barangnya di cek dulu. Jangan lupakan hal hal sekecil apapun termasuk jodoh dan jawaban yang logis kalo seandainya di kampung halaman ditanyain "kapan nikah". Perhatikan juga keselamatan berkendara, kan nggak lucu kalo ada apa apa di jalan. Lebih baik tidak berangkat, daripada tidak pernah sampai.

Kalo bukan quotes jasa raharja, ini kalo nggak salah
quotes dinas perhubungan gitu. Gue lupa, tapi Quotesnya bagus yak :v

6. Up To You (terserahlu, mau bawain gue oleh oleh apa nggak?)

Udahlah, nggak ada manusia yang sempurna. Ngue nggak mungkin kan nulis tips berdasarkan pengalaman gue aja. Ini saatnya lu lakukan dan menciptakan tips mudik lo sendiri. Intinya enjoy your trip ajalah. Hal lain yang patut kalian perhatikan juga oleh olehnya. umumnya kalo mudik oleh oleh dibagi dua jenis, oleh oleh datang dan oleh oleh pulang. Ada baiknya tentukan oleh olehmu dari sekarang... jangan lupa oleh oleh buat gue juga yak :v



Jangan lupa baca juga : Hidup Tanpa Internet Project
________________________________________________
Moh. Taufiqurrahman - Blog2016
Instagram : masopu_
Twitter : @masopu_
Line ID : masopu_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Coment yg baek ya, jangan SARA, jangan Promosi :'v