Sabtu, 21 Mei 2016

Dapet Ijazah SMP? UN Aja Ternyata Belom Cukup

Whatsaaap wahai para pelajar yang jam segini masih bangun...
Kalian udah selese UN kah? Yang sekolah SMP khususnya...

Gimana? enak waktu santai santainya? Tinggal nunggu pengumuman buat dapet ijazah? kayanya buat kalian yang tinggal nunggu pengumuman kelulusan dan dapet ijazah tanpa sarat patut bersyukur. Karena gue sendiri belum bisa dapet ijazah sebelum memenuhi beberapa syarat.


Jadi yang gue maksud adalah hari santai santai gue, bukan cuma gue pake buat liburan dan persiapan buat tes masuk SMA Negeri tapi juga buat memenuhi beberapa syarat biar ijazah gue juga bisa keluar. Gimana dengan kalian? Apa sekolah kalian juga termasuk salah satu sekolah yang mengajukan syarat agar dapat menerima ijazah? syaratnya berat gak tuh?

Sebenernya ini umum umum aja sih, tapi beberapa hal hal umum ini punya sisi kompleks yang fatal (gue nggak tau harus bilang apa buat gambarin). Beberapa syaratnya juga sebenernya nggak terlalu berat buat gue, tapi gimana dengan yang lain? Gimana kalo beberapa ketentuan ini punya kelemahan? Gimana kalo gue bahas kelemahan itu dengan patokan syarat syarat yang dikasi sekolah gue? Gue nggak pernah nyalahin syaratnya ya, cuma mungkin bisa dipikirin lagi aja :v

Syarat pertama yang diajukan sekolah biasanya adalah "Uang Perpisahan". Mungkin di setiap sekolah juga mengeluarkan syarat ini. Uang perpisahan kadang bukan cuma berguna buat menutup pengeluaran acara kelulusan nanti, tapi juga buat menutupi beberapa pengeluaran dari pihak sekolah di sektor operasional kaya renofasi, pembuat ijazah, kenang kenangan buat guru yang juga bakalan pensiun dan masi banyak lagi.

Tapi kalo dipikir pikir uang gedung buat renofasi udah gue bayar kok di awal gue masuk sekolah, tiap hari jumat juga selalu ada pemungutan dana seikhlasnya buat renofasi mushola, perasaan udah banyak deh dana yang terkumpul, tapi kok nggak jadi jadi renofasi yak. Masa beramal pelit sihh... kan tabungan akhirat 0:)

Kadang juga beberapa persen dari uang perpisahan yang terkumpul dipake buat beli kenang kenangan guru yang pensiun atau purna tugas. Tapi kalo dipikir pikir beberapa persen dari sekian banyak murid itu lumayan loh, terlebih lagi gimana kalo yang dipungut biaya kenang kenangan juga dari adek adek kelas. Memang sudah sepatutnya kita kasi kenang kenangan buat guru guru yang udah ngajar, walalupun sampe kapanpun nggak bakal lunas juga utang budi kita ama guru guru. Tapi kalo uangnya banyak gini mau beliin apa coobak, kalo mau dikenang terus sihh gue saranin beli kulkas dua pintu aje :v

Syarat selanjutnya adalah pengembalian buku paket. Kalo ini gue sama sekali nggak ada masalah, soalnya di sekolah gue aturannya normal, kalo nggak disampul bayar seribu kalo ilang, gantinya beribu ribu. Tapi masalahnya adalah semua syarat yang diajukan sekolah buat menerima ijazah nantinya bakal dikasi kuitansi bukti lunas. Dan sialnya perpustakaan belum menyiapkan kuitansi pelunasan buku. BOOM! ancurr kalo sampe petugas perpustakaannya nggak inget siapa yang udah ngembaliin buku. Lupikir buku paket yang konon katanya "milik negara" itu nggak berat gue bawa ke sekolah? Kalo ngumpulinnya boleh nyicil, guuuue cicil!!! kredit juga nggak papa, yang penting nggak berurusan ama rentenir aja :v

Selai itu syarat yang diajuin sekolah gue juga "harus menyumbangkan" baju seragam yang sudah berhenti digunakan. Bisa liat nggak perbedaan dari dua kata yang gue kutip. Harus artinya wajib. Dan sumbang menyumbang idientik dengan kata seikhlasnya. Jadi secara kasar arinya "lu wajib nyumbangin baju elu seikhlasnya".

Gue nggak masalah nyumbang baju soalnya baju gue dobel, satu kekecilan, satu lagi yang gue pake sampe sekarang. Tapi bagaimana dengan yang lain? Yang dari dulu bajunya itu itu aja? Yang bajunya masiih bisa dipake adeknya? Yang punya baaaaanyaaak bangeeeet kenangan di masa masa sekolah dulu? Pihak sekolah pake alesan, takut coret coretan? Pikirkan lagi pihak sekolah, gue masih SMP dan seragam gue kemuungggkinan besaaar masih gue pake lagi pas masa orientasi di SMA. Lupikr gue rela, mau gue telanjang di depan kaka kaka senior yang cakep cakep, kan nggak ada exxxpresinya :v




Tapi kalo mengesampingkan semua kelemahan dari syarat syarat yang gue sebutin tadi, gue tetep aja positip tinking kalo semua itu buat kebaikan kite kite. Guru emang nggak pernah salah, kalo guru salah, guru nggak bakalan jadi guru. Yakin ijazah pasti keluar kok, kualitas terbaik dengan poto Hight Destination :v

Jangan khawatirin kertas ijazah lu bakal abal abal. Dengan pengeluaran dan perjuangan kita selama ini masasih guru guru dan pemerintah rela ngasi ijazah pake kertas HVS A4 :v

Pokoknya tenang ajalah, ditangan pemerintah dan guru guru tersayang ijazah pasti akan selamat, kaya kata orang "jodoh itu nggak kemana" ijazah juga nggak kemana mana kok bro, emang ijazah lu punya kaki buat kabur kaburan, kan nggak seru syaratnya ditambahin harus lomba lari dulu ama kertas berjalan :v

Hidup pendidikan Indonesia! Jangan anggep serius artikel gue ye, gue nggak pernah serius, makanya ampe sekarang jomblo terus. Saya tetep dukung program pemerintah kok pak, jangan buly saya ya pak :)
Orang yang hina pancasila aja diangkat jadi duta pancasila...
Masa saya yang cuma numpang curhat di buly pak :v
Atau nggak sekalian angkat saya jadi duta aspirasi pelajar aja pak :v




Opu Qurrahman

1 komentar:

  1. mainkan game kesayangan kamu di donacopoker dan dapatkan bonus 2x setiap harinya dan ada yang menarik dari donacopoker di tahun baru nanti donacopoker akan memberikan bonus deposit sebesar 50.000 tunggu apalagi jangan samapai kehabisan
    Agen poker online
    Agen poker online
    Judi Kartu Online
    bandar qq donacopoker
    jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus

Coment yg baek ya, jangan SARA, jangan Promosi :'v